Cara Menggunakan Pupuk NPK Mutiara Pada Tanaman Hias

1 min read

Cara Menggunakan Pupuk NPK Mutiara Pada Tanaman Hias


Cara Menggunakan Pupuk NPK Mutiara Pada Tanaman Hias – Jika kamu suka dengan budidaya tanaman hias maka tentu kamu tidak asing lagi dengan yang namanya pupuk NPK Mutiara. Pupuk yang seringkali dipakai oleh para petani tanaman hias ini menjadi pilihan tersendiri untuk membuat tanaman hias tumbuh dengan baik karena pupuk NPK Mutiara dapat membuat tanaman hias menjadi tidak layu dan tidak kering, serta tidak membuat daun pada tanaman menjadi jelek.

Namun meskipun pupuk ini bagus untuk tanaman, tetap saja untuk menggunakan pupuk NPK Mutiara kamu harus berhati-hati agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal. Nah, bagaimana cara menggunakan pupuk NPK Mutiara pada tanaman hias dengan baik dan benar? Simak penjelasan di bawah ini.

Cara Menggunakan Pupuk NPK Mutiara Pada Tanaman Hias

TABURKAN KE MEDIA TANAM TANAMAN HIAS

Kamu bisa melakukan proses penaburan pupuk NPK Mutiara di media tanam dari tanaman hias kamu. Caranya cukup dengan mengambil segenggam butiran granula dari pupuk NPK Mutiara lalu taburkan ke media tanam. Namun, kamu harus berhati-hati ketika menaburkan butiran granulanya, usahakan agar tidak kena batang ataupun daun dari tanaman hias kamu karena akan merusak struktur dari tanamannya. Pastikan jarak antara pupuk dan tanamannya agar sedikit berjauhan agar tidak terkena batangnya. Disarankan pupuk NPK Mutiara yang kamu taburkan ke media tanam tanaman hias letaknya ada di bagian bibir pot tanaman.
Tabur pupuk secukupnya dan jangan kebanyakan. Letakkan taburan pupuk ke bagian depan, belakang, kiri, dan kanan pot tanaman. Setelah ditaburkan langsung siram dengan air secukupnya saja sampai pupuk NPK Mutiara larut.

DISIRAM DENGAN LARUTAN PUPUK (DIKOCOR)

Selain cara diatas, kamu juga bisa melakukan pemberian pupuk NPK Mutiara dengan cara dikocor, yaitu melarutkan pupuk NPK Mutiara ke dalam air untuk disiramkan ke tanaman hias kamu. Caranya adalah larutkan 10 gram air ke dalam 1 liter air lalu aduk hingga merata. Setelah larut ambillah gelas kecil untuk digunakan dalam mengambil larutan pupuk. Jika kamu memakai polybag kecil maka kamu bisa mengambil larutan pupuk sebanyak setengah cangkir. Pastikan saat pengocoran kamu tidak mengenai daun ataupun batang tanaman hias kamu. Lakukan cara ini sekali seminggu hingga tanaman masuk ke tahap pembungaan dan pembuahan.
Itulah tadi cara menggunakan pupuk NPK Mutiara pada tanaman hias, semoga bermanfaat!
Baca Juga:  Kebutuhan Pupuk Tanaman Jagung Agar Hasil Panennya Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *