Kartu Prakerja Gelombang 38 Telah Dibuka !! Berikut Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 38 dan Syaratnya

1 min read

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 38 dan Syaratnya

Pedialoka – Pemerintah sudah membuka registrasi untuk Kartu Prakerja gelombang 38. Program kartu prakerja sebagai, sebuah program yang digagas di zaman Covid-19 tahun 2020 kemarin. Program ini berwujud training yang dalam usaha peningkatan kualitas SDM, yang merajut kerja-sama beragam faksi.

“Gelombang 38 dibuka ! Pas jam 12.00 WIB siang hari ini, kamu bisa click “Gabung Gelombang” untuk ikuti gelombang 38. Yok pakai peluangnya dan untuk kamu yang belum mendaftarkan Kartu Prakerja, selekasnya kerjakan register untuk dapat masuk gelombang!,” seperti diambil dari sosial media Kartu Prakerja @Prakerja.go.id.

Beberapa saat lalu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi program Kartu Prakerja yang dikeluarkan saat Indonesia alami keadaan susah pada awal wabah Covid-19. Ia menjelaskan, program ini bukan hanya menolong kurangi beban warga saat wabah, tetapi juga tingkatkan kualitas SDM.

Baca Juga : Netflix Sering Bermasalah ? Ini Dia Cara Atasi Masalah Netflix Error yang Sering Muncul

“Saya benar-benar apresiasi. Yang daftar itu sampai sekarang ini telah 115 juta, yang terverifikasi 84 juta, yang diterima 12,8 juta orang. Besar sekali. Ini angka yang tidak kecil. 12,8 juta yang keproduktifannya bertambah, skill-nya bertambah, pengalaman kerjanya karena training ini jadi bertambah,” tutur Presiden Jokowi.

Berikut langkah lakukan registrasi Program Prakerja Gelombang 38:

1. Masuk ke situs prakerja.go.id

2. Bila Anda belum terdaftar, click tombol “Daftarkan Dirimu” dan teruskan dengan isi data diri Anda.

3. Verifikasi account Anda, lewat E-Mail, dengan mengeklik “verifikasi sekarang”.

4. Bila Anda sudah terdaftar, Anda perlu login dengan masukkan alamat e-mail, sandi, dan code capctha, lalu click Masuk.

5. Sesudah masuk ke dasbor Prakerja, mulai proses registrasi dengan mengisikan data diri dan mengupload document yang dibutuhkan.

Baca Juga:  Tanaman Sayuran Yang Dimanfaatkan Akarnya

6. Penting untuk Anda untuk masukkan nomor handphone yang tercatat apda rekening/e-wallet (BNI, BCA, OVO, GoPay, LinkAja, dan DANA) untuk mendistribusikan dana insentif bila Anda bisa lolos penyeleksian.

Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Realme C35 Terbaru Juli 2022

Adapun persyaratan untuk daftarkan diri pada Program Kartu Prakerja Gelombang 38 yaitu:

1. WNI berusia 18 tahun ke atas

2. Tidak dalam pendidikan resmi

3. Mencari kerja atau sebagai karyawan yang terkena PHK, atau karyawan yang memerlukan kenaikan kapabilitas kerja, karyawan yang diberhentikan, dan karyawan bukan yang menerima gaji, terhitung pelaku UMKM.

4. Bukan yang menerima bansos lainnya sepanjang wabah Covid-19.

5. Bukan Petinggi Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

6. Dalam satu kartu keluarga, maksimum 2 NIK dalam yang memiliki hak jadi Yang menerima Kartu Prakerja.

Sebagai info, program kartu prakerja akan memberi kontribusi berbentuk training, pembekalan kapabilitas kerja, kewiraswastaan sampai insentif tunai. Adapun nilai insentif yang diberi Rp 3,5 juta yang meliputi ongkos training sejumlah Rp 1 juta untuk beli bermacam training di basis digital partner termasuk SISNAKER.

Baca Juga : Harga Samsung Galaxy A03 Juli 2022 Terbaru

Untuk peserta yang bisa lolos akan diberi insentif saat penyelesaian training pertama sejumlah Rp 600.000 /bulan sepanjang 4 bulan dengan keseluruhan Rp 2,4 juta. Ada pula stimulan saat pengisian survey penilaian sejumlah Rp 50.000 per sekitar 3x atau mungkin dengan keseluruhan Rp150.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *