Kelompok Jenis Makanan Yang Mengandung Protein Hewani

1 min read

Kelompok jenis makanan yang mengandung protein hewani

Kelompok jenis makanan yang mengandung protein hewani – Protein hewani merupakan salah satu unsur penting bagi tubuh selain protein nabati. Makanan yang mengandung protein hewani bisa anda dapatkan dari berbagai jenis atau kelompok makanan tertentu. Protein hewani berfungsi untuk membangun jaringan dari tubuh anda, oleh karena itu sangat penting melihat makanan apa saja yang mengandung protein hewani.

Bagaimana dengan mereka yang tidak makan makanan berdaging untuk mendapatkan sumber protein hewani? Tenang saja, jika anda termasuk orang yang demikian anda bisa mendapatkan sumber protein hewani dari susu atau telur.

APA ITU PROTEIN HEWANI?

Protein hewani merupakan jenis protein dari kelompok makanan yang berasal dari daging hewan seperti daging sapi, kambing, kerbau, rusa, ayam, bebek, seafood, serta yang berasal dari susu dan telur.

Protein hewani memiliki kandungan yang tidak terdapat pada protein nabati yaitu asam amino esensial kompleks, vitamin D, vitamin B12, omega-3, dan zat besi. Namun, mengkonsumsi terlalu banyak protein hewani juga tidak disarankan apalagi daging merah karena bisa meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes, jantung, dan kanker.

KELOMPOK MAKANAN YANG MENGANDUNG PROTEIN HEWANI

Dibawah ini merupakan kelompok atau daftar makanan yang bisa anda konsumsi untuk mendapatkan sumber protein hewani.

1. Daging tanpa lemak

Makanan ini merupakan makanan yang mengandung protein hewani yang cukup baik dan menyehatkan karena kalorinya yang rendah. Selain itu, makanan ini mengandung protein dan mineral yaitu vitamin B12, niasin, dan selenium. Kelompok makanan jenis ini berfungsi untuk menguatkan kepadatan tulang, menambah massa oto, serta meningkatkan metabolisme.

2. Ikan

Kelompok ikan yang bisa anda jadikan makanan untuk mendapatkan protein hewani adalah ikan yang hidup di air asin atau air tawar misalnya ikan tilapia ataupun ikan lele. Ikan maupun telur ikan sangat kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan, mencegah asma, mencegah penyakit kardiovaskular, mencegah diabetes pada anak, serta bagus untuk pembentukan tulang. Protein hewani yang satu ini memiliki asam lemak tak jenuh, asam lemak omega-3, vitamin A, vitamin D, vitamin B6, serta vitamin B12.

Baca Juga:  Kapan Pemupukan Kedua Tanaman Jagung Dilakukan

3. Telur

Sumber protein hewani yang satu ini memiliki kandungan protein terbaik dan juga mudah didapatkan.

4. Susu

Anda pasti sudah tahu kalau susu, keju, maupun yogurt sering disebut sebagai sumber protein yang baik untuk tubuh. Jika anda ingin mengkonsumsi susu maka pilihlah susu skim atau susu rendah lemak sebab vitamin D, protein, dan kalsium dari susu akan membantu mencegah osteoporosis dan menguatkan kekuatan tulang dan gigi anda.

Dianjurkan dalam sehari anda mengkonsumsi kelompok jenis makanan yang mengandung protein hewani antara 2-3 porsi, disertai dengan makanan pokok, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Tapi, jika anda mengidap penyakit tertentu dan tidak bisa mengkonsumsi jenis makanan tertentu maka anda harus berkonsultasi dengan dokter ahli gizi terlebih dahulu untuk mendapatkan saran makanan yang mengandung protein hewani yang sesuai dengan kebutuhan tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *