Sebutkan Empat Cara Menghemat Penggunaan Sumber Daya Alam Atau Lebih

2 min read

Sebutkan Empat Cara Menghemat Penggunaan Sumber Daya Alam Atau Lebih

Pedialoka – Manusia benar-benar membutuhkan energi untuk penuhi kehidupan setiap hari. Listrik, air, dan bahan bakar sebagai sumber daya energi yang banyak digunakan manusia untuk penuhi keperluannya. Bila tidak diatur secara baik, maka energi itu dapat habis dan merepotkan kehidupan juga manusia makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu, perlu cara menghemat energi untuk jaga lingkungan hidup.

Diketahui, sumber energi terdiri dari 2, yaitu energi yang bisa diperbaharui dan tidak bisa diperbaharui. Sumber energi yang tidak bisa diperbaharui diantaranya minyak, gas alam, batu bara, dan nuklir yang dapat habis setiap saat. Sementara sumber energi yang bisa diperbaharui diantaranya air, udara, angin, dan sinar matahari. Jika memakai energi secara berlebihan bisa memberi imbas buruk, hingga perlu cara menghemat energi.

Baca Juga : Cara Membuat Sebuah Tabel Dengan Garis Tebal Adalah

Misalkan, memakai listrik terlalu berlebih akan menambahkan biaya bill listrik jadi mahal. Demikian juga dengan pemakaian kendaraan terlalu berlebih akan menyebabkan pencemaran udara sampai pemanasan global yang bisa memengaruhi peralihan cuaca berlebihan. Oleh karena itu, perlu lakukan cara menghemat energi di kehidupan setiap hari. Dikutip dari beragam sumber berikut cara menghemat energi di kehidupan setiap hari.

  1. Matikan lampu dan semua perlengkapan electronic jika tidak dibutuhkan.
  2. Ganti lampu dan electronic yang umum dengan perlengkapan hemat energi.
  3. Rawat kompor dan matikan jika tidak dipakai.
  4. Pakai air sekedarnya dan janganlah lupa matikan keran sesudah dipakai.
  5. Design rumah dengan pencahayaan yang cukup, hingga kurangi pemakaian listrik untuk sinar lampu, dll.
  6. Cabut pengisi daya HP atau sakelar jika tidak dipakai atau saat tidak ada di rumah.
  7. Pakai energi alternative, seperti sinar matahari dan angin untuk menjemur pakaian, hingga tak perlu memakai mesin pencuci.
  8. Pakai kendaraan umum atau transportasi hemat energi, seperti sepeda saat melancong.
  9. Gunakan peranan kendalian smart device pada perlengkapan yang berada di rumah. Ini akan membantu menghemat daya pada perlengkapan listrik jika sudah tidak dipakai.
  10. Mulai rutinitas hemat energi.

Baca Juga:  Suka Konsumsi Buah Belimbing ? Ini Dia Manfaat Dan Bahaya Buah Belimbing

Tersebut beberapa cara menghemat energi di kehidupan setiap hari. Aplikasikan dalam rutinitas-kebiasaan kecil karena akan berpengaruh besar untuk kehidupan di masa datang

Sebutkan Empat Cara Menghemat penggunaan sumber daya alam versi brainly

Cara menghemat sumber daya alam diantaranya memakai energi alternative. Memakai sumber daya alam sama sesuai keperluan. Tidak mengeksplorasi sumber daya alam terlalu berlebih. Membuat kembali sumber daya alam yang bisa diperbarui. Mengaplikasikan konsep 3R yakni reduce, reuse dan recicle.

Pembahasan

Sumber daya alam ialah suatu hal yang bisa digunakan untuk keperluan dan kebutuhan hidup manusia hingga bisa tingkatkan kesejahteraan dan keberlangsungan hidup manusia.

Sumber daya alam (SDA) ada yang memiliki sifat tidak bisa habis dan ada pula yang bisa habis. Maka dari itu sebagai manusia memiliki kewajiban untuk memiara dan jaga beberapa sumber daya yang berada di bumi ini.

Sumber daya alam terdiri jadi beberapa macam, yakni:

A. Sumber Daya Alam Berdasar pada Sumbernya

1. Sumber Daya Alam Hayati

Sumber daya alam hayati atau biotik sebagai sumber daya alam yang dari makhluk hidup seperti tumbuhan-tumbuhan dan hewan.

2. Sumber Daya Alam Non-Hayati

Sumber daya alam non hayati (abiotik) sebagai sumber daya alam yang dari benda mati seperti bahan tambang, air dan bebatuan.

Baca Juga : Video Cara Membuat Totebag Dari Kain Perca Dengan Mudah

B. Sumber Daya Alam Berdasar Sifatnya

1. Sumber Daya Alam yang bisa diperbarui

Sumber daya alam yang bisa diperbarui (renewable) ialah tipe sumber daya alam yang bisa dipakai secara berkali-kali. Sumber daya alam itu tidak habis walau dipakai secara terus-terusan. Namun SDA ini perlu konservasi, misalkan penanaman pohon kembali (reboisasi).

Baca Juga:  Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa KGSP

Contoh dari sumber daya alam yang bisa diperbarui diantarkannya ialah:

  • Tumbuhan
  • Hewan
  • Tanah
  • Air

2. Sumber Daya alam yang tidak bisa diperbarui

Sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui ialah tipe sumber daya alam jika dipakai secara terus-terusan bisa habis. Contoh yang terhitung di dalam tipe itu biasanya ialah barang- barang yang dari perut bumi atau barang tambang.

Contoh sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui salah satunya:

  • Batubara
  • Tipe Tipe Logam (Besi,emas, tembaga, aluminium).
  •  Minyak Bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *