Cara Memperbaiki Mic Wireless yang Tidak Bunyi

1 min read

Cara Memperbaiki Mic Wireless yang Tidak Bunyi

Cara Memperbaiki Mic Wireless yang Tidak Bunyi – Mic merupakan alat elektronik yang memiliki peran penting ketika akan dilakukan proses pengambilan suara. Di era yang serba canggih ini mic kini berinovasi menjadi mic tanpa kabel atau mic wireless. Mic wireless tidak memerlukan kabel yang menjadi perantara mic dan receiver. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan sinyal radio. Mic jenis ini lebih mudah digunakan karena kamu tidak perlu khawatir dengan adanya kabel yang tergulung-gulung selain itu hasil output audionya juga tidak kalah bagus dengan mic biasa sehingga menjadikan mic wireless banyak diminati dan dilirik oleh orang-orang. Namun yang juga menjadi masalah adalah mic wireless tersebut terkadang memiliki masalah seperti tidak bunyi atau tidak dapat mengeluarkan suara. Apa penyebabnya? Bagaimana cara memperbaiki mic wireless yang tidak bunyi? Simak penjelasan di bawah ini ya!

Baca Juga : Cara Hapus Chat di ML (Mobile Legend)

CARA MEMPERBAIKI MIC WIRELESS YANG TIDAK BUNYI

Kamu bisa mengikuti cara di bawah ini untuk memperbaiki mic wireless yang tidak bunyi.

KETAHUI SEBAB KERUSAKAN

Kamu harus cari tahu terlebih dahulu faktor penyebab kerusakannya. Hal yang biasa terjadi adalah adanya tabrakan antar satu mic dengan mic yang lain. Bisa juga karena adanya kerusakan pada bagian receiver dan transmitte. Faktor lain yang bisa terjadi adalah karena adanhya intervensi frekuensi.

PERSIAPKAN ALAT YANG DIBUTUHKAN UNTUK MEMPERBAIKI

Alat yang perlu kamu siapkan untuk memperbaiki mic wireless adalah tang, solder, dan juga booster TV.

LAKUKAN PENGUJIAN

Kamu perlu melakukan uji coba supaya kamu dapat mengetahui secara pasti langkah apa yang perlu diambil agar mic wireless tersebut kembali bunyi. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah setel trimpot mic 1 sampai menghasilkan suara yang jelas. Jika sudah menyala dan suaranya jernih maka lanjutkan ke mic lain.

Baca Juga:  Tips Menurukan Berat Badan Namun Tidak Mengilangkan Kepadatan Otot

BEDAKAN FREKUENSI MIC

Jika kamu sudah menghasilkan suara yang jelas di mic 1 maka kamu perlu mengatur juga mic 2. Pada tahap ini biasanya akan ada tabrakan antar dua mic tersebut. Inilah faktor yang biasa menjadi penyebab mic wireless kamu tidak bunyi. Oleh sebab itu, bedakanlah frekuensi mic agar kedua mic tersebut tetap bisa menghasilkan suara yang jelas dan jernih. Cara membedakan frekuensi adalah :

  • Pilih salah satu channel lalu aturlah lebih dahulu.
  • Aturlah channel pertama supaya masuk ke booster di TV pada bagian UHF.
  • Atur trimpot yang ada di booster, sampai suara yang keluar betul-betul sudah jelas.

MENYALAKAN MIC

Jika kamu sudah menyelesaikan keempat langkah yang disebutkan tadi, maka kamu hanya perlu melakukan proses terakhir. Nyalakanlah mic 1 dan mic 2. Jika suara yang keluar sudah jelas dan jernih, maka sudah bisa dipastikan bahwa kamu sudah berhasil memperbaiki mic wireless yang tidak bunyi tadi menjadi bunyi.

Jika kerusakan mic belum terlalu parah maka kamu bisa memperbaiki mic wireless kamu sendiri. Namun apabila kerusakannya cukup parah atau kamu tidak memiliki keterampilan dalam membongkar mic maka disarankan untuk membawa ke tukan service agar segera ditangani dengan ahlinya. Akhir kata, itulah Cara Memperbaiki Mic Wireless yang Tidak Bunyi semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *