Kelebihan dan Kekurangan Canva yang Perlu Diketahui

3 min read

Kelebihan dan Kekurangan Canva yang Perlu Diketahui


Kelebihan dan Kekurangan Canva – Saat ini hampir semua kalangan dituntut agar dapat memiliki keterampilan dalam bidang desain grafis entah itu dari kalangan siswa, mahasiswa, atau hingga pekerja. Namun, permasalahan dari hal ini adalah tidak banyak orang yang dapat menguasai teknik dari desain grafis jika dilakukan dengan manual. 

Karena hal tersebut, canva menjadi alternatif yang ada sejak dulu untuk mempermudah pekerjaan desain grafis, dan bisa dengan mudah dibuat oleh siapa saja.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Makanan Kucing Ori Cat

Memahami Apa itu Canva 

Canva ialah sebuah basis design grafis yang dipakai untuk mengelola grafis sosial media, poster, presentasi, document dan content visual yang lain. Canva menyediakan bermacam contoh design profesional untuk dipakai secara gratis dan berbayar.

Dikutip dari Wikipedia Canva ialah basis design grafis yang dipakai untuk dalam mengembangkan grafis sosial media, presentasi, poster, document dan content visual yang lain. Program ini sediakan bermacam contoh design untuk dipakai

Canva terbagi dalam 2 jenis service, yaitu service gratis dan service berbayar. Pada service berbayar, Canva sediakan Canva Pro dan Canva for Enterprise. 

Perbedaan Canva Dengan Platform Lain

Canva merupakan program yang berbasiskan situs dan bisa juga berbasiskan android yang demikian disukai oleh banyak kalangan dimulai dari pelajar, guru, mahasiswa, dosen, sampai aktor yang lain memakai Canva sebagai alat yang membantu mereka untuk membuat desain beragam grafis dengan mudah.

Canva juga sanggup mengganti pola pikir kita dalam hal design grafis. Dengan canva, desain grafis tak lagi jadi susah seperti memakai Photoshop atau Coreldraw. Terlebih lagi saat membuat keperluan presentasi, kita bisa memaduikan antara Microsoft PowerPoint dan canva supaya slide PPT makin memikat kita harus cari dan mengambil template lewat cara online.

Namun, dari banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh canva, terdapat beberapa kekurangan yang juga bisa ditemukan disana. Berikut Kelebihan dan kekurangan canva.

Baca Juga:  Wewenang Otoritas Jasa Keuangan

Kelebihan Canva

1. Lebih Gampang untuk Digunakan

Sangat banyak orang berpendapat bahwa canva sangat mudah untuk digunakan. Bahkan juga untuk beberapa pemakai yang tidak mempunyai background design dapat menggunakan program ini dengan mudah. Anda hanya perlu memilih template desain yang sudah disiapkan, dan tinggal mengeditnya sesuai selera.

2. Dapat Diakses Hanya Dengan Memakai Situs dan Android

Salah satunya keunggulan Canva adalah kemudahan dalam aksesnya. Basis yang ini dapat dijangkau lewat situs Canva.com, dan dapat juga didownload untuk Mac, Windows, Android, dan IOS. Dengan keringanan feature itu, kita dapat mengolah dan lakukan kostumisasi design memakai perangkat yang anda gunakan.

3. Tampilan yang Simpel tetapi Komplet

Tampilan antara muka pada Canva bisa dibilang sangat sederhana. Walau terlihat sederhana, namun penampilannya lengkap dan gampang untuk dimengerti baik oleh pemakai pemula atau pemakai professional.

4. Ada Banyak Template yang Disediakan

Anda dapat membuat presentasi, video animasi, buat komik, banner, simbol, sampai CV dengan cepat dan mudah di Canva. Hal tersebut dikarenakan basis design grafis online yang ini telah menyediakan sangat banyak template yang bisa dipilih dan digunakan dalam urusan desain. Selain itu, template yang disediakan juga selalu bertambah sehari-harinya bersamaan dengan pertambahan pemakai.

Mengubah template alias mengedit template juga sangat gampang. Kita perlu memakai mekanisme drag and drop atau seret-menyeret komponen seperti keinginan.

5. Kaya Feature

Canva memiliki fitur-fitur yang esklusif dan juga kaya akan featurenya. Di Canva ada feature template, latar belakang, photo dan gambar gratis dan premium, upload photo, video, document PDF, sampai font, pembuatan simbol, bagan, dan feature menambahkan komponen dari basis seperti Emoji, Giphy, Pixton, TINT, sampai YouTube.

Baca Juga:  Harga Dan Spesifikasi Oppo K3 Terbaru 2019

6. Design Grafis Dapat Didownload dan Dibagi dengan Bermacam Format

Keunggulan yang lain dari Canva adalah design yang kita buat dapat didownload dengan gratis dalam pola PNG, PDF, JPG, SVG, GIF, MP4, sampai unduh PPT pola Microsoft PowerPoint. Selain itu, anda juga bisa mengatur ukuran pixelnya sebelum mendownload hasil design anda.

Baca Juga : Para Murid Akan Mendapat Ilmu Yang Bermanfaat Apabila

7. Tidak Membutuhkan Ruangan Penyimpanan

Jika anda memiliki memory yang hampir penuh, maka jangan cemas.  Pemakaian canva tidak membutuhkan ruangan penyimpanan khusus dan bahkan, file yang didownload tidak memiliki file yang besar.

8. Ada Feature Save Automatis

Saat membuat desain slide presentasi maupun keperluan grafis yang lain, Canva akan melakukan save otomatis terhadap design yang kita buat. Dengan begitu, saat kelak mendadak mati lampu atau paket intenet habis, grafis yang kita bikin di Canva tidak hilang seketika, dan masih tetap tersimpan.

9. Dapat Membantu Anda Menghasilkan Uang

Walaupun canva sangat mudah digunakan, namun tidak semua orang akan bisa mengaksesnya, dan masih banyak orang yang masih membutuhkan jasa desain grafis, bahkan dengan menggunakan canva sekalipun. Karena hal tersebut, anda bisa memanfaatkan canva sebagai salah satu alternatif untuk membantu anda menghasilkan uang dari jasa design. Walaupun mudah diguakan, canva tetap memberikan hasil yang profesional tergantung dari kemampuan anda melakukan design.

10. Dapat Hapus Latar belakang Video dengan Sekali Click

Canva juga mempunyai feature penghapus latar belakang gambar, simbol, dan ilustari, saat ini di Canva juga ada feature remover latar belakang video. Luar biasanya, feature penghapus background video di Canva ini bekerja automatis cukup hanya dengan sekali click saja. Dengan begitu, kita dapat membuat video evaluasi, usaha, sampai content sosmed lebih gampang dan mudah.

Kekurangan Canva

Berikut beberapa kekurangan Canva yang telah dirangkum dari beberapa sumber:

Baca Juga:  Perbedaan Oppo Reno & Oppo Reno 10x Zoom Yang Akan Segera DIrilis Pada Akhir Bulan April 2019

1. Cuma Dapat Dijangkau Secara Online

Karena berbasiskan situs, Canva cuma dapat dijangkau lewat cara online. Dengan begitu, kita memerlukan jaringan internet. Walau begitu, anda masih tetap dapat membuat desain slide presentasi secara off-line di Canva. 

2. Beberapa Feature Baru Dapat Dijangkau dengan Account Premium

Canva memang kaya feature, tetapi beberapa feature premium cuma dapat dijangkau saat kita telah bayar. Contoh feature premium di Canva misalkan hapus latar belakang photo, memakai template, photo, dan komponen premium, mengambil dengan kualitas semakin besar, sampai download dengan background terbuka. 

3. Design Video Terkadang Cukup Lama untuk Didownload

Entahlah kenapa saat mengambil video berasa semakin lama. Mungkin karena proses download tersebut dibarengi dengan proses rendering, jadi proses download design video tersebut jadi cukup lama.

4. Belum Ada Feature Insert Tabel untuk Membuat Slide Presentasi

Meskipun sebagai salah satunya tempat design slide presentasi yang komplet, Canva belum juga prima. Salah satunya kekurangan Canva adalah belum ada feature insert supaya kita dapat membuat tabel seperti program Microsoft Word atau PowerPoint. Tetapi jika anda masih tetap ingin membuat tabel di Canva, dapat menggunakan feature impor PDF.

Baca Juga : Tuliskan Langkah Langkah Untuk Membuat Cerita Berdasarkan Ide Pokok dan Contohnya

5. Beberapa Code Warna Jadi Kabur Saat Didownload

Sepanjang pengalaman dalam memakai program Canva berbasiskan situs atau android, hasil yang didownload dari canva terkadang memiliki warna yang kurang sempurna. Namun, jika anda menemukan permasalahan seperti itu, maka anda bisa mencoba untuk menggunakan warna lain, dan mendownloadnya kembali

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan canva yang perlu anda ketahui. Hal tersebut telah mewakili kelebihan dan kekurangan canva sebagai media pembelajaran atau pendidikan. Semoga informasi ini bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *