Khasiat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Dan Efek Samping Bawang Dayak

6 min read

KHASIAT BAWANG DAYAK UNTUK KESEHATAN DAN EFEK SAMPING BAWANG DAYAK

Khasiat bawang dayak untuk kesehatan dan efek samping bawang dayak – Bawang dayak banyak dibudidayakan di Pulau Borneo Kalimantan. Tumbuhan bernama Latin Eleutherine palmifolia L. Merr ini sudah dipergunakan secara turun temurun oleh warga Dayak selaku obat alternatif dalam menanggulangi bermacam penyakit. Bawang dayak mempunyai rupa yang mirip dengan bawang merah yang biasa kita tahu. Dengan warna merah pada umbinya, hijau pada daunnya serta bunganya yang bercorak putih menarik. Bawang dayak mempunyai permukaan yang licin, bau yang tidak menusuk, serta kala mengirisnya juga tidak menimbulkan mata nyeri seperti bawang merah pada biasanya. Karakteristik khas yang lain, apabila di pegang hingga warna merah pada bawang dayak ini hendak melekat di tangan.

KANDUNGAN YANG ADA PADA BAWANG DAYAK

Manfaat bawang dayak yang sudah lama diaplikasikan selaku obat herbal berasal dari bermacam senyawa aktif di dalamnya. Umbi bawang dayak sendiri diucap mempunyai sebagian dampak bioaktif, tercantum anti- jerawat, anti- jamur, antioksidan, serta anti- mitosis selaku pencegah berkembangnya sel kanker. Bawang dayak pula terdiri dari unsur- unsur fitokimia. Di antara lain merupakan flavonoid, alkaloid, tanin, triterpenoid, fenolik, serta steroid. 

KHASIAT BAWANG DAYAK UNTUK KESEHATAN

Khasiat ataupun manfaat bawang dayak begitu bermacam- macam. Mulai dari mengobati penyakit ringan semacam flu ataupun wasir, sampai bisa menolong menyembuhkan penyakit berat semacam hepatitis, kanker, hipertensi serta sebagian penyakit yang lain. 

Berikut khasiat bawang dayak sepenuhnya: 

  • Melawan Kuman patogen

Patogen ialah organisme pemicu penyakit serta berbeda dengan mikroba yang tinggal secara natural di badan kita. Penyebaran patogen bisa terjalin melalui kontak kulit, cairan badan, partikel hawa, serta yang lain. Sebagian jenis patogen yang universal merupakan virus, bakter, jamur, serta parasit. Banyaknya macam patogen bisa menimbulkan penyakit yang berbeda- beda pula.

Walaupun begitu, kalian dapat lumayan tenang. Karena, bawang dayak dapat jadi alternatif perawatan buat membasmi kedatangan patogen yang beresiko tersebut. Bersumber pada hbeberapa penelitian, senyawa- senyawa dari bawang dayak yang diteliti, spesialnya alkaloid, steroid, flavonoid, triterpenoid, serta tanin, memperlihatkan terdapatnya kegiatan anti- bakteri melawan sebagian kuman patogen, di antara lain:

MRSA( Methicillin- resistant Staphylococcus aureus), ialah kuman yang menimbulkan peradangan serta kerap kali memunculkan indikasi peradangan lagi pada kulit, semacam nyeri, melepuh, serta abses ataupun nanah. Tidak hanya itu, MRSA pula melanda pembuluh darah, paru- paru, sampai saluran pencernaan.

B. cereus, biasanya berhubungan dengan santapan beracun. Tipe kuman yang menyebar melalui santapan ini bisa menimbulkan sakit perut serta diare sampai serbuan kronis mual serta muntah.

Shigella sp. ialah kuman yang semula tidak beresiko tetapi tumbuh jadi patogen yang bisa menimbulkan diare hebat.

P. aeruginosa, umumnya bisa ditemui di tanah maupun di air. Kuman ini dapat menginfeksi darah, paru- paru, serta bagian badan yang lain sehabis pembedahan.

BACA JUGA :  Cara Memperbaiki Printer Canon ip2770 Lampu Orange Berkedip 15 Kali

  • Menanggulangi Batu Ginjal

Batu ginjal ialah penyakit yang bisa menimbulkan rasa tidak aman di pinggang sampai perih pada dikala buang air kecil. Perihal ini terjalin sebab terdapatnya batu mineral yang tercipta di dalam ginjal ataupun saluran ureter.

Baca Juga:  8 Cara Ampuh Menyembuhkan Sariawan Secara Alami

Indikasi yang terjalin karna kurang minum air ini dapat dipulihkan dengan komsumsi bawang dayak. Manfaat bawang dayak ini berangkat dari isi flavonoid di dalamnya. Senyawa tersebut sempat diteliti dari sumber tanaman lain yang kaya hendak flavonoid.

Hasil penemuan itu mengatakan jika tanaman flavonoid memiliki kemampuan menghindari batu ginjal dengan membatasi pembuatan kalsium oksalat yang jadi pemicu batu ginjal. Tidak hanya itu, tanaman yang kaya flavonoid ini pula mempunyai watak diuretik( penambah penciptaan urine), antioksidan, anti- inflamasi, anti- bakteri, serta dampak pelindung yang lain buat menanggulangi permasalahan batu ginjal tersebut.

  • Selaku Perawatan Diabet Mellitus

Pada pengidap diabet melitus, hormon insulin yang dibuat buat menetralisir gula tidak tercukupi serta organ pankreas yang menciptakan insulin tersebut hadapi penyusutan guna.

Manfaat bawang dayak salah satunya merupakan menolong kasus pada pankreas dengan memaksimalkan gunanya. Senyawa aktif bawang dayak berbentuk alkaloid, glikosida, serta flavonoid mempunyai andil dalam khasiat tersebut, terlebih sebab senyawa- senyawa tersebut pula bisa mengendalikan kandungan gula darah untuk pengidap diabet.

  • Memelihara Kesehatan Tulang

Suatu riset dari harian Pharmacognosy mengatakan jika isi eleutherinol yang ada di bawang dayak berikan dampak positif untuk kesehatan tulang. Perihal ini spesialnya terjalin pada perempuan yang lebih rentan hadapi pengeroposan tulang kala merambah fase menopause. Ini dikala di mana tingkatan hormon estrogen perempuan mulai menyusut serta pada kesimpulannya berujung pada osteoporosis.

Riset hendak isi khusus dari bawang dayak ini dicoba terhadap ilustrasi tikus betina yang diidentifikasi hipoestrogen( kekurangan estrogen). Mereka diberikan ekstrak umbi bawang dayak sepanjang 21 hari.

Dari hasil uji tersebut, ditemui kalau ilustrasi tikus yang diberi ekstrak hadapi kenaikan pada kandungan kalsium di tulang, berat tulang, serta panjang tulang. Penemuan tersebut juga merumuskan manfaat bawang dayak buat perempuan yang mulai ataupun sebentar lagi merambah masa menopause.

  • Baik Buat Kesuburan Pria

Tidak hanya khasiat untuk penguatan tulang perempuan, manfaat bawang dayak buat laki- laki pula dapat diperoleh dari kemampuannya dalam tingkatkan kesuburan laki- laki. Perihal ini berangkat dari kemampuan yang diperlihatkan ekstrak etanol bawang pada suatu riset.

Dalam riset tersebut, dikenal apabila ekstrak etanol bawang dayak sanggup melindungi tingkatan testosteron ataupun yang diketahui selaku hormon laki- laki. Ekstrak pula mempunyai keterlibatan dalam memelihara kepadatan dari epitel tubulus seminiferus yang berfungsi dalam pertumbuhan kematangan spermatozoa.

  • Selaku Sumber Antioksidan

Antioksidan mempunyai peranan berarti dalam memelihara kesehatan badan sebab gunanya dalam mencegah bahaya radikal leluasa. Partikel radikal ini bisa mengganggu struktur sel badan serta perihal ini dapat berakibat kurang baik untuk kesehatan.

Bersumber pada suatu studi, ekstrak etanol dari umbi bawang dayak memiliki unsur- unsur fitokimia yang bermanfaat selaku antioksidan. Kandungan antioksidan yang besar dari bawang dayak berasal dari faktor fitokimianya. Keberadaan faktor tersebut yang menjadikan bawang dayak dapat digunakan buat menanggulangi tekanan pikiran, penyakit jantung, serta tumor.

Baca Juga:  Manfaat Pupuk Phonska Untuk Tanaman Karet

BACA JUGA :  43 Daftar Lotion Pemutih Berbahaya Versi BPOM

Terdapat banyak manfaat bawang dayak dalam perihal penyembuhan serta penangkalan penyakit yang pula sudah lama diaplikasikan di tempat asalnya ini. Kalian juga dapat menggunakan kelebihan tumbuhan khas Kalimantan ini selaku alternatif herbal tradisional semacam yang telah disebutkan dalam postingan ini.

Cari ketahui khasiat tanaman yang lain cuma di Jovee. Temukan pula bermacam- macam vit, dari A ke Z( inc), buat mendukung style hidup sehatmu. Masih bimbang mana vit yang sesuai? Unduh aplikasi Jovee ataupun konsultasikan dengan nutrisionis buat memperoleh saran vit cocok kebutuhanmu.

  • Antiaging

Bawang dayak mempunyai watak antioksidan. Isi dalam bawang dayak semacam flavonoid, fenolat, serta tannin menolong membasmi radikal leluasa yang terdapat di dalam badan Kamu.

Radikal leluasa bisa mengganggu sel serta pemicu penuaan dini pada diri Kamu. Watak antiaging yang terdapat di dalam bawang dayak dimanfaatkan selaku kombinasi krim kulit.

Krim kulit yang memakai bawang dayak selaku bahan campurannya mempunyai kemampuan antioksidan yang besar. Bawang dayak sanggup mencerahkan wajah serta menghindari munculnya bintik gelap pada wajah Kamu.

  • Antikanker

Bawang dayak sanggup jadi agen antikanker. Bawang dayak mempunyai isi naphtokuinones. Isi naphtokuinones di dalam bawang dayak sanggup bekerja merendahkan kegiatan dari sel Cyclin- E.

Dengan menyusutnya kegiatan dari sel Cyclin- E bisa menghancurkan sel- sel kanker di badan dengan komsumsi bawang dayak.

  • Menghindari Kendala Kesehatan Jantung

Bawang dayak sanggup menyembuhkan kendala pada jantung Kamu. Bawang dayak pula dipercaya sanggup menyembuhkan penyakit sungguh- sungguh semacam jantung koroner.

Penyakit jantung koroner merupakan keadaan kala pembuluh darah jantung( arteri koroner) tersumbat oleh timbunan lemak. Isi felonik yang terdapat di dalam bawang dayak efisien sanggup menghindari penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner sudah merenggut jutaan nyawa di bermacam belahan dunia.

  • Jitu dalam Menanggulangi Flu

Warga suku Dayak nyatanya telah lama memakai bawang dayak selaku obat buat menanggulangi flu. Manfaat bawang dayak ini ditenggarai berkat isi glikosida didalamnya yang berperan selaku antibakteri, anti radang serta jitu dalam merendahkan demam.

  • Menolong Merendahkan Tekanan Darah

Hipertensi ataupun tekanan darah besar ialah pembunuh yang amat keji. Gimana tidak, karena penyakit ini bisa memunculkan komplikasi beresiko serta mematikan tanpa menampilkan indikasi tadinya pada sang pengidap.

Berita baiknya, bersumber pada hasil riset yang dicoba oleh Guru Besar Emeritus Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran, Profesor Dokter Sidik Apt, menampilkan kalau bawang dayak memiliki senyawa alisin yang efisien dalam merendahkan tekanan darah serta kekentalan darah.

Hasil riset ini juga terus menjadi menampilkan kalau, khasiat bawang dayak tidak cuma sanggup menanggulangi penyakit yang terkategori ringan saja. Lebih dari itu, tumbuhan ini pula teruji jitu dalam menolong menanggulangi penyakit- penyakit berat. Buatnya terus menjadi layak dijadikan selaku tumbuhan obat modern.

Baca Juga:  Bagi Yang Suka Minum Teh Hijau, Ini Dia Beberapa Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Tidur

  • Menolong Mencerahkan Kulit

Tidak butuh merogoh kocek dalam- dalam buat mempunyai kulit wajah yang terang. Bersumber pada hasil skrining fitokimia terungkap kalau, bawang dayak sanggup berperan selaku antimelanogenesis yang bisa menghindari munculnya bercak- bercak gelap di wajah sekalian mencerahkan kulit.

BACA JUGA : Daftar Menu Harga Minuman di Starbucks dan Gambarnya

METODE PEMAKAIAN BAWANG DAYAK

Supaya khasiat bawang dayak dapat dialami secara optimal, hingga simak petunjuk nyaman memakainya di dasar ini:

1. Pembuatan Simplisia

Pisahkan bawang dayak dari pangkal serta daunnya, mencuci bersih setelah itu iris dengan ketebalan 1- 2 milimeter. Setelah itu keringkan di dasar cahaya matahari ataupun dengan memakai oven pada temperatur 500°C sepanjang 8 jam. Dinginkan serta bawang dayak juga siap dikemas ataupun dinikmati.

2. Pembuatan Bubuk

Proses pembuatan bawang dayak bubuk nyaris sama dengan proses pembuatan simplisia. Pisahkan bawang dayak dari pangkal serta daunnya, kemudian mencuci sampai bersih.

Sehabis itu, iris dengan ketebalan 1- 2 milimeter serta dikeringkan sepanjang 8 jam dengan oven pada temperatur 500°C ataupun di dasar cahaya matahari. Sehabis didinginkan, bawang dayak dihaluskan dengan blender serta diayak hingga mengalami bubuk halusnya. Simpan bubuk bawang dayak ini di toples yang tertutup rapat.

3. Pembuatan Manisan

Sehabis bawang dayak di mencuci bersih serta dipisahkan dari pangkal serta daunnya, kukus bawang dayak sepanjang dekat 5 menit. Setelah itu buatlah larutan gula dengan metode mengombinasikan gula ke dalam air dengan perbandingan 1: 1.

Masak hingga kental serta terus di aduk- aduk, angkat apabila gula telah nampak lumayan kering. Terakhir, gabungkan bawang dayak yang sudah di kukus ke dalam larutan gula tersebut. Manisan bawang dayak juga siap dinikmati.

EFEK SAMPING BAWANG DAYAK

Bawang dayak ialah obat herbal ataupun natural. Umumnya, produk natural relatif membagikan dampak samping yang lebih sedikit ataupun apalagi tidak terdapat sama sekali dibanding obat dari produk kimiawi, sehingga belum ditemui permasalahan ataupun laporan menimpa dampak samping maupun bahaya dari komsumsi bawang dayak.

Walaupun begitu, bukan berarti herbal sama sekali leluasa dampak samping ya Bun. Tiap badan mempunyai respon yang bermacam- macam sehabis minum herbal, bergantung pada asumsi badan dan kondisinya dikala itu. Terdapat yang tidak hadapi respon apapun ataupun apalagi dapat terjalin suatu yang tidak di idamkan, serta ini umumnya diakibatkan oleh alergi.

Untuk yang alergi dengan herbal ataupun bawang, dianjurkan pula tidak komsumsi bawang ini. Sebagian perihal yang bisa jadi bisa dialami untuk badan yang sensitif dengan isi dalam bawang dayak, semacam gatal, kembung, batuk- batuk, ataupun mual sampai memperburuk penyakit refluks asam lambung kronis( GERD) bila disantap kelewatan.

Dampak samping yang terasa itu kerap kali dikira selaku fase penyesuaian. Bila telah disantap dalam 1- 3 hari, dampak tersebut hendak lenyap dengan sendirinya sebab sudah membiasakan diri dengan badan. Sebab itu, demi keamanannya, Ibu dapat bertanya terlebih dulu bersama dokter saat sebelum komsumsi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *